Senin, 26 Oktober 2009

Tips mengatasi keylogger (Hardware/Software)


Sudah cukup lama blog ini tidak di update, kini saatnya saya kembali untuk berbagi tips dan informasi yang mungkin cukup menarik untuk anda. tips kali adalah mengenai bagaimana cara mengatasi keylogger. sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi keylogger ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu keylogger.

Keylogger adalah sebuah perangkat baik perangkat keras (Hardware) atau perangkat lunak (Software) yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.

Keylogger yang berupa hardware besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. Sementara itu, keylogger dalam bentuk perangkat lunak terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi.

setelah membaca sedikit pengertian tentang keylogger, kita semua dapat menyimpulkan bahwa betapa bahayanya sebuah keylogger jika di gunakan untuk kepentingan yang negatif. untuk menghindari sebuah keylogger kita harus lebih jelih dalam menggunakan setiap komputer. apalagi jika anda menggunakan komputer yang bukan milik sendiri(umum) contohnya di warnet, atau komputer umum lainya. keylogger sendiri terdapat dalam bentuk hardware maupun software, oleh karena itu untuk mendeteksi dan menghidari keberadaanya di butuhkan cara yang berbeda. dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengatasi keylogger hardware dan software.

- Mengatasi keylogger (hardware)

Untuk menghindari keylogger yang berbentuk hardware anda bisa menggunakan virtual keyboard. virtual keyboard sendiri sudah tersedia di dalam sytem operasi windows. untuk menjalankanya, klik menu start->allprograms->accesoris->Accessbility->On Screen Keyboard. cara ini cukup ampuh untuk mencegah dari keylogger hardware, karena setiap inputan yang anda masukan tidak akan melalui keyboard asli maupun port dari keyboard.

- Mengatasi keylogger (software)

Untuk sebagian orang akan melakukan cara yang sama seperti cara menghindari keylogger hardware diatas, yaitu menggunakan virtual keyboard. jika anda menggunakan cara tersebut anda salah besar. karena keylogger software mampu merekam seluruh kegiatan yang anda lakukan meskipun anda menggunakan virtual keyboard. jika dengan virtual keyboard tidak bisa lalu bagaimana cara menghindarinya ??

untuk menghindarinya lakukanlah langkah2 berikut :

1. check komputer tersebut apakah terpasang program keylogger

- buka cmd -> ketik dir -> lihat ukuran harddisk, kemudian catat. (jangan di close)
- buka notepad, kemudian tulis sembarang karakter sebanyak mungkin.
- ketik dir, lihat ukuran harddisk, jika ukuran harddisk semakin berkurang sudah dapat di pastikan bahwa komputer yang anda gunakan terdapat program keylogger.

2. bisa juga dengan menggetik netstat (untuk melihat adanya koneksi aneh )

3. Gunakan software NSK (neo safe keys), NSK adalah program anti keylogger yang cukup aman untuk menghindari program keylogger. namun tetap saja program ini juga tidak 100 % aman. pasalnya saat ini ada beberapa program keylogger yang mampu mengambil seluruh kegiatan layar. mau tidak mau anda harus melakukan pengecheckan terlebih dahulu, jika anda tidak ingin menjadi korban keylogger.

NSK (neo's safe keys)



" semoga bermaanfaat "



Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Keylogger, http://www.jasakom.com

Artikel terkait :



2 comments:

Eri Ricaldo on 10 November 2009 pukul 01.38 mengatakan...

wakh praktis infonya untuk yg make komputer 'massal' ya mas...

tomo on 20 Juli 2011 pukul 21.12 mengatakan...

makasih banyak atas info nya bang.

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .