Rabu, 04 Februari 2009

Introducing Linux


Linux adalah software yang berpola open source ( Free / Gratis ). Yang berarti pola dimana source code ( Program asli ) suatu software ikut di distribusikan secara bebas, sehingga para pemakai dan pengembang program dapat ikut berperan serta dalam membuat perubahan - perubahan terhadap software itu. dan merupakan pola baru software masa depan.

Sejarah singkat mengenai Linux
Sistem operasi Linux merupakan hasil karya cipta seorang Mahasiswa dari University of Helsinki, Finlandia tahun 1991. Pada mulanya ia ingin membuat sebuah sistem operasi sebagai turunan dari sistem operasi Unix, Namun lebih baik dari sistem operasi Minix yang terdapat pada laboraturiumnya di University of Helsinki. Sistem operasi Minix itu sendiri merupakan karya cipta dari Profesor Andrew Tanenbaum yang tidak lain adalah guru besar linus sendiri. Pada waktu itu, Linus berpikir secara cerdas. Tidaklah mungkin ia dapat membuat atau menyusun sistem operasi yang handal tanpa seorang mitra kerja. Mengingat kemampuanya yang masih sangat terbatas. Pada Akhirnya ia memanfaatkan Jaringan internet, Untuk menyebarluaskan sistem operasi Linux buatanya. Yang bertujuan untuk mendapat masukan dari programer dunia. Dan ternyata harapan Linus menjadi kenyataan, para programer dunia ikut berpartisipasi dalam memberi masukan dan dukungan untuk penyempurnaan sistem operasi Linux.

Karena sistem oprasi Linux yang bersifat open source kini Linux semakin memikat dengan makin banyaknya distribusi Linux atau Distro Linux. Seperti : BlankOn, CentOs, Debian, Fedora, Gentoo, Mandriva, Mint, Nusantara, openSUSE, RedHat, Ubuntu, Xandros, Zubr dan lain-lain. Di indonesia sendiri Pengguna Linux semakin bertambah jumlahnya dan merupakan perkembangan yang baik buat bangsa ini dengan begitu berarti kita telah menurunkan tingkat pembajakan software di negeri ini. Semoga semakin berkembang terus...

Artikel terkait :



1 comments:

Anonim mengatakan...

Mari kita tebarkan virus open source ke penjuru bumi..


Open your mind with open source software

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .