Rabu, 26 Agustus 2009

eyeOS: System operasi ringan berbasis web


System operasi windows, linux, dan macintosh mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. namun pernakah anda mendengar system operasi bernama eyeOS? yah mungkin untuk sebagian orang tidak asing lagi dengan system operasi yang satu ini, namun saya rasa masih banyak juga orang belum mengetahui keberadaanya. meski banyak artikel yang membahas mengenai system operasi ini di internet.


Berawal ketika saya berkunjung ke salah satu situs gudangnya opensource (http://www.sourceforge.net). saya menemukan system operasi bernama eyeOS. menurut saya eyeOS adalah aplikasi berbasis web yang bersifat seperti operating system yang berjalan pada web browser. memiliki fungsi layaknya system operasi yang sering kita gunakan seperti windows, linux, solaris, dan Mac Os. Operating system eyeOS di buat menggunakan bahasa pemrograman php, xml, dan javascript(ajax). dilengkapi dengan aplikasi yang hampir sama seperti sistem operasi yang biasa kita pakai. seperti office, network, games, file management, theme, dll.



OFFICE

eyeOS menyediakan aplikasi perkantoran seperti word processor, spreadsheet, presentation, calendar, dan contact manager. eyesOS juga mampu membuka file office windows .doc dan file office
openoffice .ods.



NETWORK

ketersedian web browser untuk browsing, FTP client untuk upload dan download file, chatting, internal mesagging, dan lainya.


GAMES

saat ini eyesOS hanya menyediakan 2 games saja, chess dan tetravex.


FILE MANAGEMENT

Upload multiple files, Easy visual file management, Download entire folders as Zip, Compress and uncompress Zip/Tar files
Photo viewer and slideshow, dll.


THEME

eyeOS memiliki beberapa theme/skin yang dapat kita pilih. default, classic, eyefusion, light desktop, dan oxygen. default icon dari eyesOS adalah oxygen icon yang digunakan di Fedora Linux.


eyeOS didistribusikan secara kode terbuka (opensource), bagi anda yang ingin mencoba eyeOS bisa mendownloadnya di website resminya pada alamat http://www.eyeos.org.


Artikel terkait :



0 comments:

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .