Rabu, 30 Desember 2009

Belajar hak akses dalam Linux


File dan folder (directory) dalam sistem operasi linux memiliki 3 buah hak akses, antara lain : pertama untuk pengguna atau user itu sendiri, kedua untuk grup si pemilik file tersebut, dan yang terakhir untuk pengguna lainya. Bagi yang ingin mempelajari masalah perijinan hak akses di linux ternyata tidak terlalu sulit.


Arti karakter hak akses :








Contoh :

Untuk melihat sebuah hak akses baik file maupun folder ketikan perintah ls -l pada shell command(terminal)

abie@nocodez:~/Desktop$ ls -l
total 8
drw------- 1 abie abie 10 2009-12-16 14:20 contoh
-rw-r--r-- 1 abie abie 8 2009-12-30 11:04 latihan.txt

Pada Karakter Pertama Menunjukan Jenisnya, jika berisi karakter d berarti itu adalah directory(folder), jika kosong berarti file. sembilan karakter berikutnya adalah hak aksesnya, dengan tiga karakter pertama menunjukan hak akses untuk user, tiga karakter berikutnya menunjukan hak akses untuk grup, dan tiga karakter terakhir hak akses untuk user lainya.

drw------- 1 abie abie 10 2009-12-16 14:20 contoh ==> Jenisnya adalah folder,memiliki hak akses untuk user dapat dibaca dan ditulis namun tidak bisa di jalankan, tidak ada hak akses untuk grup dan user lainya.
-rw-r--r-- 1 abie abie 8 2009-12-30 11:04 latihan.txt ==> Jenisnya adalah File,memiliki Hak akses untuk user dapat dibaca dan di tulis namun tidak bisa di jalankan,
memiliki hak akses untuk grup hanya dapat dibaca(read only) tidak bisa di tulis dan di jalankan, memiliki hak akses untuk user lainya hanya dapat dibaca(read only) tidak bisa di tulis dan dijalankan.

Untuk melakukan pangaturan hak akses anda bisa menggunakan perintah chmod, berikut penerapanya :

Secara Umum :

# chmod hak akses namafile

Misal kita ingin merubah hak akses dari file latihan.txt diatas agar file tersebut dapat di akses secara full oleh user, memberikan izin kepada grup untuk membaca dan menulis file tersebut dan merubah izin user lain agar tidak mendapatkan hak akses sama sekali maka perintahnya sbb :

# chmod 760 latihan
# ls -l
-rwxrw---- 1 abie abie 8 2009-12-30 11:04 latihan.txt


Hak akses diatas di implementasikan secara nilai dimana dengan mengkombinasikan nilai pada masing - masing hak akses tersebut, maka akan di dapatkan hak akses masing2. perintah chmod merupakan sebagian perintah dalam mengatur hak akses di dalam linux masih ada lagi perintah lainya yang berguna untuk mengatur hak akses. seperti perintah chown, chattr dll yang mungkin lain waktu akan di bahas pada blog ini.



Referensi : Jaringan Komputer Linux, Samuel Prakoso

Artikel terkait :



0 comments:

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .