Senin, 25 Oktober 2010

Memajukan negeri dengan opensource software.


Artikel ini terinspirasi setelah sempat membaca sebuah berita harian online yang beralamat di http://www.detikinet.com. isi dari berita itu menginformasikan bahwa Negara Indonesia masuk dalam 10 besar negara pembajak software terbesar. ini merupakan fakta yang sangat memprihatinkan terutama bagi kehidupan bangsa.Pembajak merupakan sinonim dari kata pencuri, apakah negeri ini adalah negerinya para pencuri ? tentu kita tidak menginginkan negeri ini di cap sebagai negerinya para pencuri bukan ?

Sebagai mahasiswa jurusan teknologi informasi, saya merasa terpanggil untuk mencari solusi dalam mengatasi pembajakan software di negeri ini.

Permulaan saya melakukan survey di kehidupan sehari - hari untuk mencari jawaban mengapa masih banyak yang menggunakan software bajakan. Sesi wawancara dengan orang - orang yang menggunakan software bajakan tersebut sebagai berikut :

System operasi apa yang anda gunakan?
W***

Kenapa menggunakan W*** ?
mudah di gunakan, sudah terbiasa, dan mudah di dapat mulai dari harga 15 hingga 30.

Anda tahu bahwa software yang anda gunakan adalah bajakan ?
90% mengatakan ya, sisanya tidak.

Apakah anda merasa anda tidak melanggar hukum ?
Saya merasa melanggar, cuma gimana lagi..

Kenapa anda tidak menggunakan opensource system ?
masih bingung, bahkan ada yang mengatakan masih belum tau opensource itu apa.

Apakah anda tau system operasi linux ?
ada yang jawab yak, ada juga yang tidak.


Diatas merupakan beberapa wawancara dari sebagian orang yang masih menggunakan software bajakan, dari sedikit informasi yang sudah kita dapat setidaknya bisa memberikan gambaran dalam hal untuk mengambil sebuah keputusan atau solusi cerdas. karena masih banyak masyarakat yang belum tau mengenai apa itu opensource alangkah baiknya diadakan sosialisasi opensource yang lebih gencar lagi baik di sekolah,kampus,masyarakat,kantor,pusat pemerintahan,dll. siapa yang melakukan sosialisasi ? ada komunitas, lembaga, bahkan kita semua bisa melakukan sosialisasi, tanpa harus menunggu siapa yang harus melakukannya. ajak mereka untuk mulai membiasakan diri menggunakan software - software berbasis opensource.


Maanfaat opensource:

- minim biaya, bisa berhemat
- tidak melanggar hukum
- anda menjadi kreatif tidak hanya sekedar menjadi konsumen, karena keterbukaan dari setiap baris code yang membangun system membuat kita bisa ikut serta memodifikasinya.


Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Artikel terkait :



0 comments:

RECENT COMMENT

JOIN WITH ME

 

. : Home | Contact | About | Copyright © 2009 Boyzit Powered by Blogger.com : .